YUK NGINTIP RUANG PPID LIPI - MENUJU BADAN PUBLIK INFORMATIF, LIPI OPTIMALKAN RUANG PUBLIK PPID LIPI

23 Dec 2019 / Humas LIPI

YUK NGINTIP RUANG PPID LIPI - MENUJU BADAN PUBLIK INFORMATIF, LIPI OPTIMALKAN RUANG PUBLIK PPID LIPI

Jakarta, humas LIPI. Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional. Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik. Keterbukaan informasi publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan Badan Publik lainnya dan segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan publik sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008. Sebagai upaya penciptaan open government, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sejak tahun 2010 telah mengaplikasikan layanan keterbukaan informasi publik berbasis online. LIPI mendorong seluruh permohonan informasi melalui layanan online untuk menjamin permohonan dapat diproses maksimal 10 hari kerja sesuai standar waktu layanan dalam Undang-undang No.14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Namun LIPI juga membuka akses bagi masyarakat untuk mengajukan permohonan melalui surat tercatat, e-mail dan layanan langsung di meja layanan informasi LIPI. Website ini disediakan untuk memudahkan publik mengajukan permohonan informasi publik sesuai dengan amanat UU No. 14/2008 tentang KIP yang berlaku efektif terhitung sejak tanggal 1 Mei 2010. Dengan UU ini publik berhak meminta informasi publik yang dikelola oleh badan publik seperti LIPI sesuai ketentuan-ketentuan yang berlaku. Melalui website ini, pemohon informasi publik cukup mengajukan permohonan serta mengunggah dokumen yang menjadi syarat kelengkapan secara online. Selain melalui website, LIPI juga menyediakan ruang layanan publik PPID LIPI di lantai 1 gedung Sasana Widya Sarwono LIPI. Diruang ini setiap harinya ada petugas jaga PPID yang siap melayani setiap keluhan ataupun pertanyaan terkait dengan LIPI dan terbuka bagi masyarakat secara umum dengan waktu pelayanan pukul 10.00 – 15.00 WIB. Setiap masyarakat yang berkunjung ke ruang PPID LIPI akan disuguhkan oleh berbagai informasi terkait dengan LIPI. Baik itu berupa fasilitas penelitian, pembinaan ilmiah masyarakat serta permasalahan yang telah ditangani oleh LIPI melalui penelitian untuk masyarakat. Baru-baru ini LIPI mendapat penganugerahan sebagai Badan Publik Menuju Informatif, penghargaan bergengsi suatu badan publik dalam masalah pelayanan kepada masyarakat. Dan cita-cita LIPI untuk tahun depan dapat meraih sebagai Badan Publik Informatif maka LIPI mulai berbenah diri untuk mewujudkan cita-cita tersebut dengan mengoptimalkan ruang publik yang dimiliki oleh LIPI dengan memberikan kelengkapan sebagai ruang publik yang maksimal. Salah satu gerakan nyata adalah dengan memindahkan ruang layanan publik PPID ke Gedung Widya Graha LIPI lantai 2. Dimana dengan ruang PPID diGedung Widya Graha tersebut akan mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan layanan yang diinginkan terkait dengan LIPI. Dengan menempati ruang yang lebih luas akan lebih banyak dan lengkap informasi-informasi terkait dengan LIPI yang dapat ditampilkan di ruang tersebut. Dilengkapi dengan website yang dapat diakses secara umum oleh masyarakat untuk dapat mengerti LIPI lebih jauh lagi dan lebih mendalam apa yang sudah dilakukan LIPI sejauh ini untuk masyarakat. Harapannya dengan ruang PPID yang baru kesiapan LIPI untuk dapat memberikan layanan terbaik kepada masyarakat umum akan semakin optimal dan maksimal.(Rdn/humas)