Pandemi Covid-19, LIPI Fokuskan Layanan Informasi Publik melalui Daring

24 Feb 2021 / PPID LIPI

Pandemi Covid-19, LIPI Fokuskan Layanan Informasi Publik melalui Daring

Jakarta, PPID LIPI. Pandemi Covid-19, yang telah berlangsung sekitar 12 bulan sejak akhir Februari 2020 lalu hingga kini, telah membawa dampak pada layanan informasi publik Kementerian/Lembaga kepada masyarakat. Dampak tersebut adalah layanan informasi publik beralih dari offline menjadi daring. Hal ini juga terjadi pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), yang mana layanan informasi publik LIPI kini lebih berfokus kepada layanan daring.
 
Layanan informasi publik daring LIPI tersedia dalam beberapa kanal, antara lain melalui website ppid.lipi.go.id (klik menu registrasi) dan aplikasi e-PPID LIPI (dapat diunduh melalui ponsel pintar). Masyarakat luas yang ingin memperoleh informasi dari LIPI dapat mengajukannya melalui berbagai kanal tersebut.
 
Layanan daring ini diupayakan dapat berjalan dengan baik seperti layanan tatap muka (offline). Sistem daring yang menjadi fokus layanan informasi publik di masa pandemi saat ini diharapkan dapat memberikan layanan yang prima bagi publik.
 
Koordinator Pelaksana Fungsi Informasi Publik BKHH LIPI, Purwadi mengambahkan bahwa melalui layanan berbasis daring, permohonan informasi diharapkan dapat diproses secara cepat atau maksimal 10 hari kerja. “Hal ini sejalan dengan standar waktu layanan dalam Undang-undang No. 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik,” sambungnya.
 
Selain melalui berbagai kanal layanan informasi publik daring yang telah disebutkan sebelumnya, LIPI melalui PPID juga memberikan informasi-informasi terkini terkait informasi publik melalui kanal media sosial PPID LIPI seperti tercantum di bawah ini.
 
Instagram PPID LIPI
https://www.instagram.com/ppidlipi/?hl=en
 
Facebook PPID LIPI
https://web.facebook.com/PPID-LIPI-104484308353632
 
Twitter PPID LIPI
https://twitter.com/ppidlipi
 
Masyarakat umum dapat mem-follow dan me-like kanal-kanal media sosial tersebut agar selalu mendapatkan informasi publik yang update dari LIPI. (hmn/ed: pwd)