LIPI Raih Predikat Kategori B dalam Penilaian Layanan Publik

12 Mar 2021 / PPID LIPI

LIPI Raih Predikat Kategori B dalam Penilaian Layanan Publik

Jakarta, PPID LIPI.  Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya atau kerap disebut Kebun Raya Bogor meraih predikat kategori B atau “Baik” dalam penilaian layanan publik yang dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB).
 
Predikat kategori B ini diraih dari hasil penilaian layanan publik 2020 dengan Nilai Indeks Pelayanan Publik 3.97. Nilai indeks pada 2020 ini mengalami kenaikan 0,17 poin dibandingkan tahun 2019 dengan nilai indeks 3.8.
 
Pada 2020, unit penyelenggara pelayanan publik yang dievaluasi oleh Kementerian PANRB sebanyak 55 Kementerian dan Lembaga. Salah satunya adalah Kebun Raya Bogor LIPI. Evaluasi tersebut dilaksanakan pada rentang Juli hingga November 2020. Adapun aspek penilaian dalam evaluasi ini, yaitu kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi di bidang pelayan publik.
 
LIPI pun bersyukur atas raihan prestasi layanan publik kali ini. Apalagi kondisi yang terjadi saat ini sedang pandemi Covid-19. Sehingga layanan publik 2020 adalah layanan yang unik seperti diutarakan Deputi Bidang Layanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalisa. “Tahun 2020 merupakan tahun yang unik karena dituntut bertransformasi dan berinovasi dalam memberikan pelayanan dengan menerapkan protokol kesehatan,” ungkapnya belum lama ini.
 
Transformasi di bidang pelayanan publik menjadi sebuah keniscayaan bagi Badan Publik untuk meningkatkan performa pelayanan. Meski dibatasi oleh pembatasan interaksi sosial dan pengurangan kapasitas pegawai, namun setiap pegawai dituntut untuk berfikir inovatif serta adaptif agar tetap memberikan pelayanan publik secara maksimal. (add, hmn/ed: pwd)