Gerlink LIPI HNFC-01, Kontribusi LIPI untuk Pameran Hannover Messe 2021

12 Apr 2021 / PPID LIPI

Gerlink LIPI HNFC-01, Kontribusi LIPI untuk Pameran Hannover Messe 2021

Jakarta, PPID LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui perwakilan Tim Fungsi Informasi Publik, Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas (BKHH) berpartisipasi dalam Pameran Virtual Hannover Messe 2021 yang dihelat pada Senin-Jumat (12-16/4/2021). Keikutsertaan LIPI pada Hannover Messe kali ini terwakili oleh produk Gerlink LIPI High Flow Nasal Cannula - 01 (Gerlink LIPI HFNC-01).
 
Gerlink LIPI HFNC-01 adalah alat terapi oksigen beraliran tinggi. Sistem kerja alat tersebut adalah aliran tinggi menggunakan tabung venturi yang berbasis pada penyempitan aliran masuk. Alat itu berguna untuk pasien Covid-19 tahap awal, yaitu pasien yang masih dalam kondisi dapat bernafas sendiri, mencegah pasien gagal nafas dan tidak harus diinkubasi menggunakan ventilator invasif. Alat ini juga dapat digunakan untuk pasien diagnosa paru obstruktif kronik, Restrictive Thoracic Disease (RTD), Obesity Hypoventilation Syndrome 5, deformitas dinding dada, penyakit neuromuskular dan Decompensated Obstructive Sleep Apnea.
 
Penampilan Gerlink LIPI pada Hannover Messe kali ini bergabung menjadi satu dalam video produk alat-alat kesehatan yang dikemas oleh Tim Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset Inovasi Nasional (Kemristek/BRIN). Dalam video tersebut selain Gerlink LIPI, ada produk GENOSE C-19 (Universitas Gadjah Mada), Teknologi Arc Plasma (Badan Tenaga Nuklir Nasional), Saliva RT-Lamp (PT Kalbe Farma), Mobile Lab BSL-2 (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), VENTI-I Ventilator (Universitas Padjajaran dan Yayasan Pembina Masjid Salman Institut Teknologi Bandung), serta rapid test berbasis antigen CePAD (Universitas Padjajaran).
 
Perhelatan Hannover Messe 2021 sendiri dikoordinasikan oleh Kementerian Perindustrian. Sedangkan, beragam produk riset dari Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) dikoordinasikan oleh Kemristek/BRIN.
 
Untuk diketahui, Hannover Messe adalah pameran terbesar dunia untuk teknologi industri yang telah bergulir selama 74 tahun.  Pada perhelatan 2021, pameran Hannover Messe merupakan digital edition dengan tema Industrial Tranformation. Indonesia menjadi partner country dalam pergelaran tahun ini, yang mana Indonesia mengambil tema MAKING INDONESIA 4.0. (hmn, pwd)

Berita Lainnya